Pages

Jumat, 25 Juni 2010

Tugas Akhir Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (Pendahuluan)

Tulisan ini dibuat oleh penulis dengan maksud untuk menyelesaikan tugas akhir matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Penulis hanya membahas website yang berkaitan dengan web usability-nya saja dengan antarmuka website Indomie.

Web usability adalah suatu tolak ukur yang menilai seberapa mudah dan berguna web tersebut untuk pengguna. Menurut Jacob Nielsen, terdapat 10 prinsip umum untuk desain antarmuka bagi pengguna, yaitu:
  1. Visibility of system status : Sistem harus menginformasikan segala sesuatu yang sedang terjadi.
  2. Match between system and real world : Sistem harus bertutur kata sesuai dengan bahasa yang familiar atau yang sering digunakan oleh pengguna.
  3. User control and fredom : Pengguna tgerkadang memilih pilihan yang salah sehingga sistem seharusnya menyediakan fungsi yang mengakomodasi hal tersebut seperti undo dan redo.
  4. Consistency and standard : Pengguna tidak harus berpikir apakah kata, situasi, dan aksi yang berbeda ternyata memiliki arti yang sama.
  5. Error prevention : Lebih baik adaalah suatu sistam yang berhati-hati yaitu terdapat pesan error yang akan memcegah pengguna dari suatu masalah.
  6. Recognition rather than recall : meminimimalisasi ingatan dari pengguna lebih baik daripada pengguna harus mengingatnya, meminimalisasinya dapat digunakan dengan menggunakan objek, option, dan aksi yang visibel.
  7. Flexibitility and eficience of use : Permudah pengguna untuk melakukan kegiatannya dengan lebih cepat.
  8. Aesthetic and minimalist design : Jangan mengisikan informasi yang kurang berguna dan jarang digunakan oleh pengguna.
  9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors : Pesan kesalahan harus dijelaskan dalam bahasa yang jelas, menjelaskan masalah dan memberikan solusi.
  10. Help and documentation : Sistem menyediakan bantuan dan dokumentasi yang berisi informasi tentang penggunaan sistem.
Pada kali ini saya membahas tentang web http://www.indomie.com/. Pemilihan web ini dihasilkan dari pemilihan langsung oleh Pak Firman Ardiansyah selaku dosen matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Web ini merupakan web lokal yaitu web yang berasal dari Indonesia.
Indomie merupakan salah satu perusahaan makanan (mie instan) terbesar yang berada di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi makanan cepat saji ini, bahkan banyak anak-anak yang tidak mau makan jika di dalam makannya tidak dengan mie instan indomie. Indomie banyak mengeluarkan produk-produk baru. Perusahaan Indomie juga menggunakan website sebagai media untuk mempromosikan produknya secara on-line. Setelah ini saya akan membahas keseluruhan dari website Indomie.

  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

4 komentar:

Aprilia Ramadhina mengatakan...

Sip bener krn Indomie salah satu perusahaan makanan (mie instan) terbesar di Indonesia, maka website nya pun harus mudah di akses oleh pengguna :)

Inne Larasati mengatakan...

Website Indomie yah fan..
Ditunggu nih penilaiannya. Soalnya aku termasuk penikmat Indomie banget, tapi nggak pernah main ke situsnya :P
Jadi pengen tau usability webnya itu :)

s4ilupkera ngalam mengatakan...

interesting article cz lg ambil mat kul IMK neh bs bwt referensi,di tunggu y kelanjutannya....-_^

kandang kurban mengatakan...

zakat mal infaq zakat mudah online


Posting Komentar

 
Copyright 2010 Puzzle of My Life | Powered by Blogger.