Pages

Jumat, 25 Juni 2010

Tugas Akhir Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (Part 1)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada kali ini penulis membahas tentang web usability dari sebauh web perusahaan ternama yaitu perusahaan indomie. Kajian kali ini membahas antarmuka dari web tersebut yang berkaitan dengan 10 prinsip utama heuristik yang akan dibahas per menu dari web tersebut.

Tampilan Home dari Website Indomie

1.  Aesthetic and minimalist design
Masalah
  • Pada tampilan diatas warna  dari web tersebut terlalu mencolok atau terang  sehingga membuat pengguna lelah untuk melihatnya jika berlama-lama di dalam web tersebut.
  • Selain itu pada menu home, jika pengguna mengklik tombol More maka akan membuka halaman baru yang akan menunjukkan event-event yang berkaitan, misalnya jika pengguna mengklik Indomie Jingledare3 maka akan membuka ke halaman baru yang hanya memberitahu informasi tentang waktunya dan terdapat link untuk mengetahui informasi lebih lanjut.
Solusi
  • Warna dari web tersebut seharusnya disesuaikan dengan warna-warna yang lebih enak dipandang, apalagi jika pengguna berlama-lama di website tersebut.
  • Lebih baik seluruh informasi ditampilkan secara mendetail pada saat pengguna mengklik event yang diinginkan, sehingga tidak perlu mengklik link click here for more information lagi.
2. Flexibility and eficience of use
Masalah
  • Terdapat suatu fungsi untuk mengubah bahasa pada pojok kanan atas, yaitu pemilihan bahasa (Language ) yaitu antara menggunakan bahasa Indonesia atau menggunakan bahasa Inggris, pada web tersebut secara umum menggunakan bahasa Indonesia, namun ketika penulis mengganti ke bahasa Inggris ternyata tidak ada perubahan apa-apa terhadap website tersebut.
  • Ketika penulis mengklik tombol selengkapnya ternyata link tersebut tidak berfungsi.
Solusi
  • Ternyata kedua masalah diatas merupakan masalah dari ketidakefisiensian fungsi yang telah dibuat dari suatu web. Ketika fungsi atau link tersebut telah dibuat seharusnya dapat dipergunakan sebaik-baiknya oleh pengguna. Maka sebaiknya fungsi atau link tersebut bisa dibuat sesuai dari tujuan yang dimaksud.
3. Visibility of system status
Masalah
  • Pada saat penulis mengklik menu yang terdapat di dalam web tersebut, tidak ada tanda where am i yang menunjukkan dimana posisi pengguna sekarang atau tidak ada tanda sekarang user sedang berada pada halaman apa.
Solusi
  • Web tersebut lebih baik memberi suatu tanda ke pengguna untuk memberitahu dimana posisi pengguna sekarang, hal tersebut dapat ditandai dengan warna menu tersebut berbeda dengan yang lain ,atau juga bisa dengan cara lain.
4. Match between system and the real world
Bahasa yang dipergunakan secara umum adalah bahasa Indonesia.

Masalah
  • Terdapat tidak kekonsistensian bahasa yang dipergunakan dalam web tersebut, di dalam menu home dapat terlihat pada bahasa yang digunakan pada menu menggunakan bahasa Indonesia, namun terlilhat di bawah terdapat menu tambahan yang menggunakan bahasa Inggris misalnya New Product Lunch.
Solusi
  • Seharusnya terdapat kekonsistensian bahasa yang dipergunakan dalam web tersebut.




    • Stumble This
    • Fav This With Technorati
    • Add To Del.icio.us
    • Digg This
    • Add To Facebook
    • Add To Yahoo

    17 komentar:

    Jilly mengatakan...

    pertama kali buka situs ini, warnanya terlalu mencolok dan terang jadi terganggu sama warnanya. lalu event yang ditampilkan pun event yang tahun kemaren. lalu pada halaman home juga ada tulisan selanjutnya yang bergaris bawah seperti link tetapi tidak dapat diklik.

    Jilly Pratiwi
    http://jillyp07.student.ipb.ac.id/

    Tri Setiowati mengatakan...

    saya mau menambahkan, setiap kali mengklik gambar atau animasi yang ada di homepage maka akan selalu terbuka tab baru pada web browser user. hal ini akan sedikit mengganggu user.

    Nice post :D

    Dhieka Avrilia Lantana mengatakan...

    website ini cukup menarik untuk dikaji dari segi web usability. awal pertama membuka memang sangat terang. warna kuning menjadi background website ini. ketika saya mencoba klik beberapa menu seperti event, saya agak terganggu dengan pemilihan warna teks. ternyata warna teksnya juga berwarna kuning hanya sedikit lebih tua dari background. selain itu, tiap event tidak memiliki space yang jelas. terlalu banyak ehmmm, whitespace ("kalo di website indomie jadi yellow size kali ya") terlalu banyak sehingga membuat pengguna bingung.

    nice info fan ^_^

    Amanda Karatika Hubeis mengatakan...

    website ini kuning sekali xD
    saat saya klik menu download tidak menghasilkan apa-apa tidak terjadi loading atau perubahan jadi menurut saya untuk apa membuat menu download kalo tidak dapat digunakan *bingung --a*

    http://amandak07.student.ipb.ac.id/

    bintang mengatakan...

    kayaknya emang lebih bagus kalau warna dasarnya gak 1 warna aja

    Agus Umriadi mengatakan...

    penggunaan warna yang sangat mencolok dapat mengganggu user

    hendra gunawan mengatakan...

    wah, background nya terlalu mencolok ya, menu nya juga tidak terlalu terlihat...

    margin kanan kiri nya terlalu lebar, mubazir ni...

    yudizious mengatakan...

    latar warnanya mencolok banget, masih banyak space di kanan dan dikiri,mubazir....

    abbay mengatakan...

    Wah menu download bisa download mie langsung kenyang hahahahahaaa

    abbay mengatakan...

    muhamada0790.student.ipb.ac.id

    Kriyar mengatakan...

    Menarik juga situs kamu kaji.... Tapi masalah warnanya background terlalu terang membuat kurang nyaman.........

    Atom Hidrogen mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
    Atom Hidrogen mengatakan...

    warnanya memenag sangat mencolok agak sakit jika melihatnya terlalu lama, mungkin warnanya masih bisa tetap kuning tapi yang lebih soft....

    tatyd06.student.ipb.ac.id

    arif nofyan syah mengatakan...

    bener banget pertama kali pasti warna...setelah itu kita juga gak bisa tahu kita sedang ada dimana...trus juga setiap link harus tab baru....benar-benar menarik tuk dikaji HCI nya nih situs....

    alhusnayaini88 mengatakan...

    seharusnya nuansa webnya bisa membuat pengguna merasakan lezatnya indomie juga =)

    - http://alhusnayaini88.blogspot.com
    - http://ineum06.student.ipb.ac.id

    Adel mengatakan...

    Warna backgroundnya terlalu terang, kuning ngejreng, bikin mata jadi sakit kalau dilihat lama-lama... Juga nggak ada penanda kita sedang di halaman mana... Bikin bingung aja...

    Adelina P.H.
    http://adelfavblog.blogspot.com
    http://adelinap07.student.ipb.ac.id

    Hedon mengatakan...

    kajian yang bagus...
    bisa jadi bahan untuk IMK dosenku nih

    Posting Komentar

     
    Copyright 2010 Puzzle of My Life | Powered by Blogger.